Kamis, 24 Februari 2011

Liburan dan Muhasabah

Bismillah

Sekarang adalah waktunya liburan, 2 minggu ! ya mungkin bagi sebagian besar mahasiswa menyatakan bahwa ini adalah waktu yang terlalu singkat tapi mungkin inilah waktu singkat yang harus kita syukuri dan kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya.Alhamdulillah diberi waktu istirahat sejenak namun istirahat itu juga wajib diisi dengan hal yang bermanfaat.Sebagaimana kita tahu bahwa hidup hanya sekali dan manfaatkanlah hidupmu sebaik mungkin dan terbarlah benih-benih kebaikan agar dapat menjadi tabungan di akhirat nanti.Liburan adalah hal yang sangat menyenangkan buat mereka.Ya buat saya liburan belum tentu adalah hari-hari yang penuh diisi dengan hura-hura.Masih banyak hutang materi yang harus dipelajari dan kekhawatiran terbesar saya adalah ketika sedikit saja saya lalai dalam mengatur waktu liburan maka benar-benar akan membawa diri ini ke lembah kebodohan.Sudah jatuh tertimpa tangga, sudah hasil nilai kemarin jeblok dan akan lebih jeblok lagi.Naudzubillah

Semua sudah saya atur jauh hari sebelum liburan.Ingin refreshing berapa hari dan nyicil materi lagi di hari-hari setelahnya.Bantu hamba ya Allah.Banyak yang bertanya kenapa liburan tidak pulang ke rumah yan? kesempatan lo ! hmmm saya hanya bisa tersenyum dan bilang bahwa saya malas pulang ke rumah.Kenapa?buat apa saya pulang ke rumah kalau saya hanya menyusahkan orang lain ? buat apa saya pulang ke rumah hanya untuk menghamburkan uang ayah? kehadiran saya juga tidak dinanti-nantikan apa yang bisa dinantikan dan dibanggakan oleh anak yang kuliah jauh tapi semua nilai semeternya hancur?
Tujuan utama saya tetap di sini, di kota ini dan di asrama ini adalah muhasabah.Saya suka keadaan menyendiri.Saat menyendiri saya bisa flash back lagi apakah saya adalah hamba yang dekat dengan Rabb-Nya atau semakin hari semakin menjauh dari hidayah Allah Swt ? apa saja yang telah saya lakukan selama ini, apakah 24 jam yang diberi Allah Swt benar-benar saya manfaatkan sebaik-baiknya ? apa yang belum saya lakukan? kendala apa yang menyebabkan semua rencana yang tersusun rapih bisa hancur berantakan.Itu adalah titik terindah dalam kehidupan ketika kita bisa bermuhasabah kepada diri sendiri mengenai kecintaan kita kepada Allah Swt, kekurangan dan kelebihan selama ini agar tidak menjadi orang yang lalai dan kalah karena dibunuh oleh waktu yang tidak ia manfaatkan dengan baik.Semoga kita tidak menjadi orang yang seperti ini.Semoga dengan niat muhasabah saya di hari-hari liburan dapat benar-benar saya jalankan, ya Rabb permudah segalanya.Semoga saya dapat menjadi hamba yang selalu ingin bermuhasabah dan ingin dekat dengan Rabb-nya dan bukan hamba yang lalai dan lupa akan segala karunia yang luar biasa indah dari zat penguasa semseta alam Allah SWT.

Doakan saya semoga saya dapat menjalaninya

Jakarta, 25 Februari pukul 12.26 WIB

~Khalifah Khairunnissa~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar